Label

Minggu, 24 April 2016

Solusi Kemacetan

Halo sobat bedes...
Kali ini mimin pengen sedikit membahas dengan bahasa ngawur dan dangkal ilmu... Hehehe.. Mohon bantuannya untuk memberi masukan.

Solusi macet ? Ehmmm... Ya ya ya
Ibu Kota Negara kita JAKARTA, hmmm ngetik JAKARTA aja dah langsung keinget  riweuhnya kemacetan di sana. Ehmmm gimana ngga macet, lha di sana 1 mobil ditumpangi 1 orang. Apalagi pas lihat jam pulang kerja... Ehmmm buset dah.. Ini saya alami pas pertama kali ke jakarta kemaren.. Ketika acara INDOFEST 2016 di senayan. Macet sana sini.. Sampai kita memutuskan untuk cari solusi yg lain untuk menembus kemacetan jakarta...
Lhaaa.... Dari Pasar Senen ke Senayan kita jalan kaki bob.. Alamaaak puanasnya gilaaa .. Hehehe
Langsung saja dilist mimin dah...


Sebab Kemacetan

- Banyaknya kendaraan pribadi, khususnya mobil. bisa dibayangin macetnya jakarta karena banyaknya mobil yang habisin jalanan ibu kota dan kota besar lainnya... dengan contoh slide gif di artikel ini.

- Mudahnya kredit kendaraan pribadi. hmmm tentunya bagi masyarakat sangat menyukai hal ini, dengan memiliki dan menunggangi mobil impian.. tapi dampaknya??? bisa dilihat dan dinikmati sekarang. bisa bayangin deh kalo terus - terusan seperti ini. mau jadi apa negeri kita ini?? lautan pengendara mobil dan wanawisata macet harian impian??? tentu tidak bukan???

- Kurangnya Fasilitas umum yang terintegrasi. masih menjadi PR pemerintah dan kita semua untuk mewujudkan ini. semoga kebijakan dan pola pikir warga masyarakat untuk mewujudkannya. sekarang yang aja ada deh. yang ada sekarang belum terintegrasi sih kalo mau menuju ke tempat 1 ke tempat lainnya... fakta realitasnya bisa diuji sendiri kalo mau naik kendaraan umum yang ada sekarang. ojek online dan online2 lainnya mungkin adalah solusi saat ini, tapi dampaknya saya yakin kurang baik, perlu dikaji memang.

- Kurang sadarnya masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum. yaaa iya sih, lha fasilitas umumnya belum memadai... tapi harus disinkronkan antara pemerintah dan masyarakat untuk itu.

- Itu dulu kali ya menurut mimin hehehe....






Solusi menurut mimin


- Diperbaiki dan dikaji ulang tentang kendaraan umum yang terintegrasi. agar hasilnya bisa seperti ekspetasi gitu gan hehehe

- "paksa" warga masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum. (Dengan meningkatkan PAJAK KENDARAAN PRIBADI setinggi langit. 1000% misalnya)->>> pajaknya dialihkan untuk membenahi sarana transportasi ya. cepat atau lambat kebijakan ini akan penuh dengan protes. tapi kalo ga gini gan bakalan nambah terus kendaraan pribadi.

- Edukasi kepada masyarakat tentang dampak kemacetan yang semakin menjadi - jadi. harus ada penyuluhan agar warga masyarakat siap menghadapi kebijakan yang menurut saya ekstrim dan perubahan besar akan terjadi

- Fasilitas umum khususnya transportasi dan hal terkait dibenahi lagi ( butuh proses emang )

- 4 in 1 boleh lah.. (Setelah pajak kendaraan dinaikkan)


- Dipersulit ya gais untuk kredit wkwkwk



- Dah itu dulu ya



Nahhhhh GIF di artikel  ini mungkin bisa jadi inspirasi rekan pembaca untuk memberikan solusi di komentar. Nanti mimin bantu edit deh..


Sampai jumpa sobat bedes.


Terima Kasih.


By : Ridwan Dwi Aprillianto





7 komentar:

  1. Yupss min bener. Prestis d masyrakat angkutan umum identik dg orang* golongan menengah k bawah, padahal ngga juga kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, padahal naik bus, angkot, kereta itu keren loh sensasinya beda.. Tapi bisa jadi masyarakat "malu" atau ada alasan kepraktisan lain yang dipilih.

      Hapus
  2. Bkn krn malu ane rasa klo naik angktn (ane jg pengguna js angkut kreta, bus, angkot hmpir tiap hri pp 3 thun)
    Poin pertma mnrut ane (dr rmh mnju kntr ato tmpt yg akn dtju) lbh k konsekwensi *kreta kita yg hrus nyesuaikan dg jdwal* bkn kreta yg mngu kita tp kita yg mngu kreta.. untuk angkutn ada trayek2 tmpte (kdg oper angkutan smpe bbrpa kali) itu jg mkan waktu dan biaya. Klo yg ndak ingin ribet dg time.. bleh lah tmn krja yg sejalur nebengi (drpd bw mbil sndri2) ato klo tdk ada sarana umum yg mmdahi blehlah pmrintah kasih UU sm ph / lmbg pnddikn untuk bikin trayek antr jmpt. Hal kecil yg sedikit mngurangi kmctan. Dkotaq trsdia angkutan gratis sekolah. (Krn sopir angktn dtmptq klah sm pngendra mtr ankhirny pmrintah stmpt ngasih solusi sopir angkutan dpt biaya apbd daerh) drpd angka pngangguran brtmbh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kurang terintegrasinya angkutan 1 ke angkutan lain.. Sehingga banyak warga masyarakat masih memilih angkutan pribadi...

      Hapus